Dalam mengawali proses pembelajaran yang sering di lakukan guru, antara lain : mengabsen kehadiran dan menertibkan peserta didik, menyuruh peserta didik untuk menyiapkan alat tulis menulis dan buku pegangan, mengisi daftar hadir dan mengakhirinya dengan tugas rumah.Kegiatan ini beium dapat dikategorikan sebagai membuka dan menutup pelajaran.Karena belum tentu dapat mengajak peserta didik untuk memusatkan perhatiannya terhadap materi yang akan disajikan.
Keterampilan membuka peiajaran adalah kegiatan guru dalam mengawali proses pembelajaran untuk menciptakan suasana siap mental sehingga menimbulkan perhatian peserta didik terhadap materi yang akan dipelajari.
Keterampilan menutup pelajaran adalah kegiatan guru untuk mengakhir proses pembelajaran.
• Menimbulkan perhatian dan motivasi peserta didik agar siap mengerjakan tugas-tugas yang segera akan diberikan.
• Menunjukkan agar peserta didik mengetahui batas-batas tugasnya.
• Memberikan gambaran yang jelas tentang pendekatan yang mungkin digunakan peserta didik dalam mempelajari materi.
• Menunjukkan kepada peserta didik adanya hubungan antara pengalamannya dengan materi baru yang akan dan sedang dipelajari.
• Memberikan pengetahuan yang lebih kuat kepada peserta didik tentang fakta, konsep keterampilan yang tercakup selama proses pembelajaran.
• Peserta didik mengetahui tingkat keberhasilannya selama proses pemhelajaran.
• Menunjukan berhasil tidaknya suatu proses pembelajaran..
Prinsip Penggunaan
a. Kebermaknaan
Upaya menarik perhatian dan memotivasi peserta didik agar sesuai dengan indikator dan materi serta bermanfaat.
b. Berkaitan dan Berkesinambungan.
Kegiatan penyajian materi dan merangkum inti materi hendaknya merupakan suatu kesatuan yang utuh.Untuk itu diperlukan susunan materi yang sistematis sesuai dengan minat peserta didik, susunan materi hendaknya jeias kaitanya antara bagian atau kaitanya dengan pengalaman dan pengetahuan peserta didik.
Komponen Ketrampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
• Komponen ketrampilan membuka pelajaran, antara lain:
1) Menarik perhatian peserta didik melalui:
• variasi gaya mengajar
• penggunaan media dan
• variasi pola interaksi.
2) Menimbulkan motivasi melalui :
• kehangatan dan keantusiasan dalam mengajar;
• menggugah rasa ingin tahu peserta didik;
• mengajukan ide/gagasan dan;
• memperhatikan minat peserta didik.
3) Memberi acuan melalui :
• menginformasikan indikator dan batas-batas tugas;
• memberikan gambaran langkah-langkah yang akan dilakakan;
• mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas dan;
• mengajukan pertanyaan.
4) Membuat kaitan antara materi baru yang akan disajikan dengan materi yang dikuasai peserta didik atau mempertentangkannya melalui:
• pertanyaan-pertanyaan;
• mereview secara singkat materi sebelumya;
• menjelaskan secara global konsep-konsep baru atau sebaliknya dengan menunjukkan fakta.
• Komponen keterampilan menutup pelajaran, antara lain :
• Meninjau kembali tingkat penguasaan atau pemahaman peserta didik terhadap pokok materi yang telah disajikan sebagai umpan balik.
• Membuat rangkuman tentang pokok materi yang telah di sajikan.Hal ini dapat dilakukan bersama peserta didik atau oleh peserta didik sendiri.
• Mengevaluasi keutuhan wawasan peserta didik dengan jalan meminta untuk:
- mendemonstrasikan pemahamannya;
- menerapkan pemahamannya pada situasi baru;
- memberikan komentar;
- mengerjakan tes tertulis.
Sumber : J.J.Hasibuan, sukarni uir
Pengunjung ke : blog counter
Artikel terkait :
KumpulanSoal UKG
Modul MYOB Accounting bergambar
UjianNasional Teori Adm perkantoran + Pembahasan
Ujianteori Nasional Akuntansi + Pembahasan
UjianNasional Akuntansi + LKS = Free
UjianNasional Kewirausahaan - KWU
MYOB Acc. Ujian Nasional SMK akuntansi - bergambar
SoalUKG Akuntansi + prediksi + Jawaban
SoalUKG Pemasaran, Adm Perkantoran dan Kewirausahaan+ prediksi + Jawaban
SoaUKG UPW, Akomodasi Perhotelan danPerbankan
No comments :
Post a Comment