Kami siapkan soal latihan US,UN, UKA/UKG-PLPG, CPNS dan ebook serta Software untuk Anda, buat apa “Repot-Repot” download ke-sana ke-mari di internet, akses saja di "blog" ini praktis mudah dan gampang, semoga bermanfaat !!!.

UKG - Uji Kempetensi Guru

Sertifikasi Guru
Uji Kompetensi Guru (UKG) gelombang pertama mulai digelar serentak;. Tempat penyelenggaraan UKG di 3.658 lokasi dengan 72.820 unit komputer.
Sebanyak 1.006.211 guru yang telah bersertifikat pendidik akan mengikuti UKG sebagai bagian dari pemetaan kompetensi.

“Uji kompetensi itu persis seperti orang check up. ‘Tahu jantungnya normal atau tidak, gula darah bagus atau tidak, tensinya bagus atau tidak’. Semuanya kita check up. Hasil dari check up itu untuk perbaikan,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh saat meninjau pelaksanaan UKG di SMP Negeri 19 Jakarta, Senin (30/07) pagi.
Mendikbud mengatakan, setelah dilakukan pemetaan kemudian dilakukan pengukuran kinerja. UKG, kata Mendikbud, bukan untuk meningkatkan kemampuan guru dan menyatakan lulus atau tidak lulus. Kemampuan para guru ditingkatkan melalui pelatihan atau kursus.

“Kalau kemampuannya mentok, sekolah harus bisa memberikan pendampingan,” katanya.
Mendikbud mengatakan, selain sebagai pemetaan, UKG sebagai dasar kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Sebagai profesi, kata Mendikbud, maka basisnya harus berbasis profesionalitas.

Dengan mengikuti UKG, para guru akan mengetahui kelebihan maupun kelemahannya. Mendikbud mencontohkan, seorang guru Matematika yang lemah pada materi aljabar maka dapat mengikuti pelatihan tentang aljabar.

“Selain dapat memperbaiki secara mandiri, guru juga dapat memperbaiki kemampuannya melalui berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh kementerian, dinas, atau sekolah sendiri,” katanya.
Sebanyak 985.409 peserta mengikuti UKG secara online di 448 kabupaten/kota, sedangkan ujian secara tertulis atau manual diikuti sebanyak 20.802 peserta di 49 kabupaten.

“Para guru di Jakarta sudah siap mengikuti UKG. Guru yang sudah mengikuti UKG diharapkan kembali lagi ke sekolah, sehingga tugas mengajar bisa tetap berjalan,” katanya.

Siti Rahayu, guru mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 19 Jakarta, mengaku siap mengikuti UKG. Persiapan dia lakukan dengan belajar dan mengunduh materi dari internet.
“Materi yang diujikan bahasa Inggris dan pedagogik seperti teori dan teknik penilaian. Saya sharing dengan teman-teman setelah mengajar,” katanya. (sumber : poskota)

Untuk Uji Kompetensi Guru (UKG) SMK juga dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara nasional dan diperiksa oleh komputer. Sementara ini soal uji yang diberikan masih terbatas pada kompetensi profesional 70% dan Pedagogik 30%.

Sebagai bahan untuk latihan bagi Anda yang ingin mengikuti UKA dan UKG SMK, Kumpulan soal kompetensi profesional berikut yang disusun berdasarkan kisi-kisi UKG  yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat membantu Anda, semoga !!!

 

 Artikel terkait :









No comments :

Post a Comment