Kami siapkan soal latihan US,UN, UKA/UKG-PLPG, CPNS dan ebook serta Software untuk Anda, buat apa “Repot-Repot” download ke-sana ke-mari di internet, akses saja di "blog" ini praktis mudah dan gampang, semoga bermanfaat !!!.

Ketrampilan Bertanya (1)

-->
-->
Pada hakekatnya bertanya adalah inti dari mengajar.Dalam proses pembelajaran, pertanyaan cenderung untuk kepentingan yang ditanya.Untuk itu latihlah keberanian peserta didik untuk bertanya sehingga mereka terarah ke indikator dan terhindar dari hal yang menyesatkan.
Di samping itu menurut John Dewey, bahwa: "berpikir adalah bertanya". Dengan mengajukan pertanyaan secara berencana, peserta didik diantarkan untuk berpikir kritis, kreatif dalam proses dan hasil belajar. Pertanyaan yang tersusun dengan baik sebenarnya Iebih dari separo terjawab.Satu gambar dapat bernilai seribu kata, dan satu pertanyaan yang tepat dapat bernilai seribu gambar.
Mengajukan beberapa pertanyaan lebih baik dari pada mengetahui semua jawaban.Sehubungan dengan hal diatas, maka selama proses pembelajaran peserta didik perlu dilatih keberaniannya dalam mengajukan pertanyaan.
Keterampilan bertanya adalah keterampilan yang berisi ucapan verbal yang meminta respon dari peserta didik.
Ketrampilan Bertanya bertujuan
  • Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu peserta didik terhadap materi
  • Memusatkan perhatian peserta didik terhadap konsep-kosep pokok materi
  • Mendiagnosis kesulitan-kesulitan khusus yang menghambat peserta didik dalam belajar.
  • Meningkatkan keterlibatan peserta didik selama proses pembelajaran
  • Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengasimilasikan informasi.
  • Mendorong peserta didik untuk berani berpendapat dalam diskusi.
  • Menguji dan mengukur hasil belajar peserta didik.
  • Menstimulasi peserta didik untuk bertanya pada diri sendiri atau temannya.
  • Menstrukturkan pertanyaan atau tugas yang memungkinkan peserta didik belajar secara maksimal.
  • Mengembangkan cara berpikir peserta didik.
  • Mengembangkan refleksi dan komentar peserta didik terhadap respon temannya.
  • Mengungkapkan keinginan yang sebenarnya dari peserta didik melalui ide dan perasaanya.
Prinsip Penggunaan Keterampilan Bertanya
Kehangatan dan keantusiasan (sikap, gaya, suara, ekspresi wajah, gerakan, dan posisi badan).
Sikap hangat dan penuh semangat yang ditunjukkan guru dalam menanggapi jawaban (respon) peserta didik, sangat penting dalam memelihara kelangsungan peran aktif peserta didik selama proses pembelajaran dan terhadap sesamanya. Untuk itu perhatikan sungguh-sungguh respon peserta didik, janganlah dikritik melainkan tuntunlah sampai menemukan jawabannya.
Hindari kebiasaan-kebiasaan:
  • mengulang pertanyaan sendiri
  • mengulang jawaban peserta didik
  • menjawab pertanyaan sendiri
  • pertanyaan yang memancing jawaban serentak
  • pertanyaan ganda
  • menunjuk peserta didik terlebih dahulu sebelum pertanyaan diajukan
Bervariasi
Pertanyaan harus dilakukan dengan bervariasi seperti bentuk pertanyaan, cara menyampaikan pertanyaan serta waktu mengajukan pertanyaan dalam proses pembelajaran. Adakalanya diajukan di awal proses atau diajukan di akhir atau di tengah proses.
Komponen Ketrampilan Bertanya
  • Jelas, dan Singkat
Pergunakan kata-kata hendaknya disesuaikan dengan tingkat perkembangan peseta didik.
  • Pemberian Acuan
Sebelum mengajukan pertanyaan dapat disampaikan acuan yang relevan dengan respon yang diharapkan.
  • Pemusatan
Pada umumnya dimulai dari pertanyaan berfokus luas kemudian mengarah ke pertanyaan yang berfokus sempit.
  • Pindah Gilir
Semula pertanyaan ditujukan ke kelas, kemudian menunjuk beberapa peserta didik dengan jalan menyebut nama mereka secara bergilir.
  • Penyebaran
Pemberian giliran menjawab pertanyaan hendaknya merata.
  • Pemberian Waktu Berpikir
Pertanyaan diajukan ke kelas, kemudian selang beberapa detik baru rnenunjuk peserta didik untuk merespon.
  • Pemberian Tuntunan.
Hal ini dilakukan bila jawaban peserta didik kurang sempurna, yaitu menuntun sampai mereka menemukan jawaban yang benar, misalnya dengan:        
    • mengulang kembali pertanyaan secara sederhana dan mudah di pahami peserta didik.
    • mengajukan pertanyaan lain yang lebih sederhana untuk menuntun ke pertanyaan semula.
    • mengulangi penjelasan yang berhubungan dengan pertanyaan.
 Sumber : sukarni uir

Pengunjung ke :
blog counter
blog counterDiseño WebImprenta Sevilla

No comments :

Post a Comment