Kami siapkan soal latihan US,UN, UKA/UKG-PLPG, CPNS dan ebook serta Software untuk Anda, buat apa “Repot-Repot” download ke-sana ke-mari di internet, akses saja di "blog" ini praktis mudah dan gampang, semoga bermanfaat !!!.

bisnis online, jual beli online, sistem pembayaran, pembayaran online, bisnis online

Penelitian Tindakan Sekolah ( PTS )

PTS adalah penelitian yang dilaksanakan di sekolah untuk memperbaiki situasi atau melakukan inovasi dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran sehingga mampu menghasilkan siswa yang berpikir kritis, kreatif, inovatif, cakap dalam menyelesaikan masalah, dan bernaluri kewirausahaan.

Penelitian yang akan dilakukan berawal dari permasalahan sekolah, diselesaikan melalui tindakan spesifik dari gagasan peneliti untuk menyelesaikan permasalahan sekolah. Dengan demikian, yang pertama harus ada dalam penelitian PTS bukanlah diawali dengan membuat judul tetapi diawali dengan menemukan adanya masalah dan tantangan-tantangan untuk melakukan pembaruan atau inovasi.

PTS dapat digunakan sebagai tahap awal untuk memperbaiki dan mengembangkan guru dan siswa agar mampu berpikir kritis, kreatif, inovatif, cakap menyelesaikan masalah, dan bernaluri kewirausahaan.
.
Bahkan dampak lainnya PTS merupakan karya ilmiah guru yang dapat dipergunakan untuk mengumpulkan angka kredit dalam kenaikan pangkat khususnya bagi guru yang golongan IV dan atau sertifikasi yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan.

Langkah-langkah PTS yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

Perencanaan adalah langkah awal yang dilakukan peneliti saat akan memulai tindakannya. Agar perencanaan mudah dipahami oleh peneliti yang akan melakukan tindakan.

Pelaksanaan adalah penerapan dari perencanaan.

Pengamatan adalah pencermatan terhadap pelaksanaan tindakan. Hal-hal yang diamati adalah proses tindakan yang berlangsung selama tahap pelaksanaan PTS. Pengamatan menggunakan instrumen yang berisi indikator-indikator proses tindakan. Evaluasi adalah proses penetapan hasil pelaksanaan tindakan berdasarkan indikator-indikator tujuan PTS yang telah ditetapkan. Hasil evaluasi digunakan sebagai dasar untuk melakukan refleksi.

Refleksi dilakukan terhadap proses dan hasil pelaksanaan tindakan dan hasilnya digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki rencana tindakan pada siklus berikutnya untuk meningkatkan hasil yang lebih baik.

Contoh cara merumuskan PTS dengan merumuskan jawaban setiap butir pertanyaan di bawah ini dan tuliskan pada kolom yang telah disediakan.

a.    Alur Berpikir :
1)         Tulislah masalah-masalah atau kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah ketika melaksanakan tugas sesuai dengan topik yang dibahas.



2)         Pilihlah salah satu masalah (butir 1.a.) yang paling penting dan segera diselesaikan masalahnya.



3)         Berikan alasan mengapa masalah tersebut penting dan segera diselesaikan masalahnya!




4)         Kemukakan faktor-faktor yang menyebabkan muculnya masalah tersebut!




5)         Rumuskan alternatif-alternatif penyelesaian masalah dan pilihlah salah satu alternatif yang terbaik!


      1. Alternatif-alternatif penyelesaian masalah:



      2. Alternatif yang terbaik:









b.    Kerangka Kerja
Siklus 1
1.    Rencana Tindakan (berisi rumusan masalah dan rencana solusinya)



 2.   Pelaksanaan Tindakan (catatan: dalam pelatihan ini, tahap ini baru latihan/exercise)


3.    Pengamatan/Pengumpulan Data, Evaluasi Proses dan Hasil Tindakan (catatan: dalam pelatihan ini, tahap ini baru latihan/exercise)
                                                                                                                             
Isilah format pengamatan untuk mengamati proses tindakan dalam siklus PTS berikut ini!
No.
Aspek yang diamati
Data pendukung






4.    Refleksi (catatan: dalam pelatihan ini, tahap ini baru latihan/exercise)    
Jika masalah belum terselesaikan, rumuskan rencana siklus 2, 3, dan seterusnya hingga masalah terselesaikan    Sumber : Ditjen PMPTK

No comments :

Post a Comment